Senin, 19 Januari 2015

Semua Bersumber dari Pikiran


Di suatu daerah, hiduplah seorang tua yang terkenal bijak. Suatu saat, ia kedatangan tamu.

"Sebenarnya, apa itu perasaan bosan, Pak Tua?" tanya sang tamu.
"Bosan adalah keadaan di mana pikiran menginginkan perubahan, mendabakan sesuatu yang baru, serta menginginkan berhentinya rutinitas hidup," jawab Pak Tua.
Mengapa kita harus merasa bosan?"
Sbab, kita tidak pernah merasa puas dengan apa yang kita miliki," jawab Pak Tua lagi.
"Lalu, bagaimana cara menghilangkan kebosanan?" tanya sang tamu.
"Hanya ada satu cara, nikmatilah kebosanan itu, maka kita pun akan terbebas darinya."
"Menikmati kebosanan? Bagaimanakah caranya itu? tanya sang tamu keheranan.
"Bertanyalah pada dirimu sendiri mengapa kamu tidak bosan makan nasi yang sama rasanya setiap hari?"
"Karena kita juga makan nasi dengan lauk dan sayur yang berbeda, Pak Tua," jawab sang tamu.
"Benar sekali. Tambahkan sesuatu yang baru dalam rutinitasmu, maka kebosanan pun akan hilang," jelas Pak Tua.
"Lalu, bagaimana menambahkan hal baru itu dalam rutinitas?"
"Ubahlah caramu melakukan rutinitas itu, kalau biasanya menulis sambil duduk, cobalah sambil jongkok atau berbaring. Kalau biasanya membaca di kursi, cobalah sambil berjalan-jalan atau meloncat-loncat. Kalau biasanya biasanya menelepon dengan tangan kanan, cobalah dengan tangan kiri atau dengan kaki kalau bisa, dan seterusnya."

 Sang tamu itu pun pergi. Namun, beberapa hari kemudian, tamu itu mengunjungi Pak Tua lagi.

"Pak Tua, saya sudah melakukan apa yang anda sarankan, tetapi kenapa saya masih merasa bosan juga?" tanya sang tamu.
"Coba lakukan sesuatu yang bersifat kekanak-kanakan."
"Contohnya?" tanya sang tamu.
"Mainkan permainan yang paling kamu senangi waktu masih kecil dulu."

Lalu, tamu itu pun pergi. Beberapa minggu kemudian, tamu itu datang lagi ke rumah Pak Tua dengan wajah ceria.

"Pak Tua, saya sudah melakukan apa yang Anda sarankan. Di setiap waktu senggang, saya bermain sepuas-puasnya semua permainan anak yang saya senangi dulu. Dan keajaiban pun terjadi. Sampai sekarang, saya tidak pernah merasa bosan lagi, meskipun di saat saya melakukan hal-hal yang dulu pernah saya anggap membosankan. Kenapa bisa demikian, Pak Tua?" tanya sang tamu.
"Sebab, segala sesuatu sebenarnya berasal dari pikiranmu sendiri. Kebosanan itu pun berasal dari pikiranmu yang berpikir tentang kebosanan. Saya menyuruhmu bermain seperti anak kecil agar pikiran mu menjadi ceria. Sekarang, kamu tidak merasa bosan lagi karena pikiran mu tentang keceriaan berhasil mengalahkan pikiranmu tentang kebosanan."

Hikmah:
Segala sesuatu itu berasal dari pikiran. Berpikir bosan menyebabkan kau bosan dan berpikir ceria menjadikan kamu ceria. Oleh karena itu, ciptakan pikiran positif setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar